METODE MENGAJAR KHUSUS 2
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
TEKNIK SIPIL
PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2015
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(KURIKULUM 2013)
Satuan Pendidikan : SMK N 1 Tanjung Raya
Kelas/Semester : X/1
Kelas/Semester : X/1
Mata Pelajaran : Konstruksi Kayu
Topik : Sambungan
Kayu
Waktu : 40 Menit
Program Keahlian : Teknik Bangunan
Paket Keahlian : Teknik Konstruksi kayu
Jumlah Pertemuan : 1 x Pertemuan
I.
Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
|
1.1. mengagumi
keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang aspek fisik dan kimiawi,
kehidupan dalam ekosistem dan peranan manusia dalam lingkungan serta
mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
|
2.
Menghayati
dan Mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong
royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktifdan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
2.1. menunjukkan
perilaku ilmiah(memiliki rasa ingin tahu: obeyektif; jujur;teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif; dan
peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
sikap dalam melakukan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi
|
3.
Memahami,
menerapkan dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan,dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik
untuk memecahkan masalah.
|
3.1 Mendeskripsikan konsep tentang sambungan kayu
|
4.
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret
dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah
pengawasan langsung.
|
4.7
Mendeskripsikan unsur-unsur sambungan kayu dan fungsinya
|
II.
Indikator
a. Sikap
Mengembangkan perilaku berkarakter, meliputi:
1.
jujur
2.
peduli
3.
tanggung jawab
4.
berkomunikasi
b. Pengetahuan
1.
Mendeskripsikan tentang uraian pekerjaan Konstruksi Kayu
2.
Mengetahui
konsep hubungan kayu pada jenis konstruksi dan ukurannya..
3.
Mengetahui macam-macam sambungan kayu dan
fungsinya.
c. Ketrampilan
1.
Siswa dapat menyebutkan macam-macam sambungan kayu dan
fungsinya.
2. Siswa dapat Menerapkan
konsep sambungan dan hubungan kayu pada jenis konstruksi dan ukurannya.
III. Tujuan
pembelajaran
a.
Sikap
1. Karakter
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan perilaku berkarakter
meliputi: kejujuran, peduli, dan tanggung jawab sesuai PHB 1: Pengamatan Perilaku Berkarakter.
2. Keterampilan sosial
Terlibat dalam proses belajar mengajar
berpusat pada siswa, paling tidak siswa dinilai pengamat Membuat kemajuan dalam menunjukkan keterampilan bekerja
sama, menyumbangkan ide, menjadi pendengar yang baik dan berkomunikasi sesuai
PHB 1: Keterampilan Sosial.
b.
Pengetahuan dan keterampilan
1.
Secara mandiri
dan tanpa membuka bahan ajar siswa dapat menjelaskan kegunaan dari sambungan konstruksi kayu PHB 2.
2.
Secara mandiri
dan tanpa membuka bahan ajar siswa dapat menjelaskan macam-macam
sambungan dan fungsinya PHB 2.
IV. Materi
Pembelajaran :.
Ø
Sambungan
kayu arah melebar
Ø
Sambungan
kayu arah memanjang
Ø
Sambungan
kayu arah menyudut
V.
Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran
Pendekatan Pembelajaran menggunakan
pendekatan saintifik (scientific) dengan model pembelajaran examples
non examples
VI. Alat/Media/Sumber Pembelajaran
Alat
· Lembar kerja
· Lembar penilaian
·
Laptop
dan Infocus
Media
. . .
Sumber Pembelajaran
·
Buku Konstruksi kayu
·
Modul
VII. Kegiatan
Pembelajaran
a.
Pendahuluan
Kegiatan
|
Waktu
|
|
·
Memberi salam dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai
sikap disiplin
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan dicapai
·
Melakukan apersepsi dengan mengajukan
pertanyaan untuk mengarahkan siswa ke materi yang akan dipelajari
|
5 menit
|
b. Inti
Kegiatan
|
Waktu
|
|
Mengamati :
·
Mengamati dan/atau
membaca informasi
tentang Sambungan
pada konstruksi kayu
Menanya :
·
Mengkondisikan
situasi belajar untuk membiasakan mengajukan pertanyaan secara aktif dan
mandiri tentang Sambungan pada konstruksi kayu
Mengekplorasi:
·
Mengumpulkan informasi yang dipertanyakan dan menentukan sumber (melalui benda konkrit,
dokumen, buku, eksperimen) untuk menjawab pertanyaan yang diajukan tentang Sambungan
dan fungsinya pada konstruksi kayu
Mengasosiasi :
·
Mengkatagorikan informasi dan menentukan hubungannya, selanjutnya disimpulkan tentang Sambungan dan fungsinya pada konstruksi kayu
diuruktan dari yang sederhana
sampai pada yang lebih kompleks.
Mengkomunikasikan :
·
Menyampaikan
hasil konseptualisasi tentang Sambungan dan fungsinya pada konstruksi kayu
|
30 menit
|
c.
Penutup
Kegiatan
|
Waktu
|
|
·
Guru
menyimpulkan hasil pembelajaran dan
diskusi
·
Tanya
Jawab
·
Guru
memberikan tugas untuk dikerjakan secara individu
·
Guru
memberikan informasi kepada siswa untuk materi selajnutnya
|
5 menit
|
VIII.
Sumber Pembelajaran
a. Keterkaitan SKL, KI dan KD
b. LKS: Konstruksi
kayu SMK
c. Kunci LKS: Konstruksi kayu SMK
d. Buku konstruksi kayu
e. Internet
IX.
Penilaian Hasil Belajar
a.
PHB 1: Assesment Sikap : 20 %
b.
PHB 2: Assesment Pengetahuan : 30 %
c.
PHB 3: Assesment Ketrampilan : 50 %
Instrumen Penilaian Hasil Belajar :
Penilaian Sikap
Pedoman Observasi Sikap
Spiritual
Petunjuk :
Lembaran ini diisi oleh guru untuk menilai sikap
spiritual peserta didik. Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap
spiritual yang ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut
:
4 = selalu, apabila selalu melakukan
sesuai pernyataan
3 =
sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang tidak melakukan
2 =
kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak melakukan
1 =
tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik : ………………….
Kelas : ………………….
Tanggal Pengamatan : …………………..
Materi Pokok : …………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah
melakukan sesuatu
|
||||
2
|
Mengucapkan rasa syukur atas
karunia Tuhan
|
||||
3
|
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
|
||||
4
|
Mengungkapakan kekaguman
secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
|
||||
5
|
Merasakan keberadaan dan
kebesaran Tuhan saat mempelajari ilmu pengetahuan
|
||||
Jumlah Skor
|
Lembar Penilaian Antar peserta didik
Sikap Disiplin
Petunjuk :
Berilah tanda cek (v) pada kolom skor sesuai sikap tanggung jawab yang
ditampilkan oleh peserta didik, dengan kriteria sebagai berikut :
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila
sering melakukan sesuai pernyataan dan
kadang-kadang
tidak melakukan
2 = kadang-kadang,
apabila kadang-kadang melakukan dan
sering tidak
melakukan
1 = tidak pernah,
apabila tidak pernah melakukan
Nama Peserta Didik yang dinilai : ………………….
Kelas :
………………….
Tanggal Pengamatan :
…………………..
Materi Pokok :
…………………..
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
||||
2
|
Mengumpulkan
tugas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai
seragam sesuai tata tertib
|
||||
4
|
Mengerjakan
tugas yang diberikan
|
||||
5
|
Tertib
dalam mengikuti pembelajaran
|
||||
5
|
Membawa
buku teks sesuai mata pelajaran
|
||||
Jumlah
Skor
|
LEMBAR PENILAIAN DIRI
SIKAP JUJUR
Nama Peserta Didik :
Kelas :
Materi Pokok :
Tanggal :
PETUNJUK
·
Bacalah
pernyataan yang ada dalam kolom dengan teliti
·
Berilah
tanda cek (S) sesuai dengan keadaan kalian sehari hari
·
No
|
Pernyataan
|
TP
|
KD
|
SR
|
SL
|
1
|
Saya tidak menyontek pada saat mengerjakan ulangan
|
||||
2
|
Saya menyalin karya orang lain dengan menyebutkan sumbernya pada saat
mengerjakan tugas
|
||||
3
|
Saya melaporkan kepada yang berwenang jika menemukan barang
|
||||
4
|
Saya berani mengakui kesalahan yang saya dilakukan
|
||||
5
|
Saya mengerjakan soal ujian tanpa melihat jawaban teman yang lain
|
Keterangan :
•
SL = Selalu
, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
•
SR = Sering, apabila sering melakukan sesuai
pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
•
KD = Kadang-kadang, apabila kadang-kadang
melakukan dan sering tidak melakukan
•
TP =
Tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
Rekapitulasi Nilai Pengetahuan
Nama
|
KD
|
Skor Akhir
|
|||
Nilai
Tugas /(NT)
|
Nilai UTS
|
Nilai UAS
|
Skala
1 - 100
|
Skala
1 - 4
|
|
1
|
|||||
2
|
|||||
3
|
|||||
4
|
|||||
Catatan
: NUAS : NUTS : NT = 3 : 2 : 1
Deskripsi :
Menguasai semua kompetensi dengan baik terutama dalam
memahami aspek ruang dan waktu serta pengertian hubungan antar variabel
Penilaian Keterampilan
KD
|
Skor
|
Skor Akhir
|
|||
Tes Praktik
|
Projek
|
Portofolio
|
Skala
1 - 100
|
Skala
1 – 4
|
|
3.1
|
|||||
4.1
|
|||||
Rata-Rata Skor Akhir
|
Diperiksa dan Disahkan
Kepala
SMKN 1 Tanjung Raya Guru
Mata Pelajaran
(.......................................) Mahdika Putra Nanda
Nim. 1202965
Tidak ada komentar:
Posting Komentar